Kamis Pahing, 23 Maret 2017
24 Jumadil Tsani 1438 Hijriyah


Agar Anak Kita Memiliki Ahlak yang Mulia


Jika anak kita berahlak mulia tentu sebagai orang tua kita akan bangga karena anak akan lebih mudah diterima oleh masyarakat sehingga dapat dipercaya dalam urusan apapun baik pekerjaan maupun bisnis. Berikut amalan yang bisa kita lakukan agar anak kita memiliki ahlak yang baik dan tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk.


1. Bacalah doa berikut ini 1x usai sholat 5 waktu :

ALLAHUMMAJ’ALNI MAHBUUBAN FII QULUUUBIL MU’MINIINA WAL MU’MINAATI WAL MUSLIMIINA WAL MUSLIMAATI. FABASYSYIRNII WABALLIGHNI WABILGHOINA ILAA MI-ATIN WA’ISYRIINA SANATAN. FALLOOHU KHOYRUN HAAFIZHAA WAHUWA ARHAMUR-ROOHIMIIN.

(Ya Allah jadikan aku orang yang dicintai di hati orang-orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan dan orang-orang Islam, baik laki-laki maupun perempuan. Maka berilah aku kebahagiaan dan berilah aku kekayaan hingga usia seratus dua puluh tahun. Allah adalah yang terbaik sebagai Pemelihara dan Dia adalah yang paling mengasihi dari para pengasih).
 
2. Untuk malam hari, bacalah ayat diatas 1x lalu tiupkan ke telapak tangan kanan usapkan pada dahinya dengan tujuan untuk mentrasfer doa tersebut.








DUYUNG

ikan paus berbentuk kecil. Para ahli mistik mempercayai air mata ikan duyung memilik daya pemikat. Untuk memancing air matanya keluar cukup ditakuti dengan sebilah pisau.

DAPUR

Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk atau type bilah keris. Dengan menyebut nama dapur keris, orang yang telah paham akan langsung tahu, bentuk keris yang seperti apa yang dimaksud. Misalnya, seseorang mengatakan: "Keris itu ber-dapur Tilam Upih", maka yang mendengar langsung tahu, bahwa keris yang dimaksud adalah keris lurus, bukan keris yang memakai luk. Lain lagi kalau disebut dapur-nya Sabuk Inten, maka itu pasti keris yang ber-luk sebelas. Dunia perkerisan di masyarakat suku bangsa Jawa mengenal lebih dari 145 macam dapur keris. Namun dari jumlah itu, yang dianggap sebagai dapur keris yang baku atau mengikuti pakem hanya sekitar 120 macam saja. Serat Centini, salah satu sumber tertulis, yang dapat dianggap sebagai pedoman dapur keris yang pakem memuat rincian jumlah dapur keris sbb: Keris lurus ada 40 macam dapur. Keris luk tiga ada 11 macam. Keris luk lima ada 12 macam. Keris luk tujuh ada 8 macam. Keris luk sembilan ada 13 macam. Keris luk sebelas ada 10 macam. Keris luk tigabelas ada 11 macam. Keris luk limabelas ada 3 macam. Keris luk tujuhbelas ada 2 macam. Keris luk sembilan belas, sampai luk duapuluh sembilan masing-masing ada semacam. Namun, menurut manuskrip Sejarah Empu, karya Pangeran Wijil, jumlah dapur yang dianggap pakem lebih banyak lagi. Catatan itu menunjukkan dapur keris lurus ada 44 macam, yang luk tiga ada 13 macam, luk sebelas ada 10 macam, luk tigabelas ada11 macam, luk limabelas ada 6 macam, luk tujuhbelas ada 2 macam, luk sembilanbelas sampai luk duapuluh sembilan ada dua macam, dan luk tigapuluh lima ada semacam. Jumlah dapur yang dikenal sampai dengan dekade tahun 1990-an, lebih banyak lagi.