Selasa Kliwon, 25 April 2017
28 Rajab 1438 Hijriyah


Chakra Anahata dan Fungsinya


chakra anahata 

Chakra Anahata terletak di jantung. Chakra ini berkaitan erat dengan rasa cinta, kasih sayang, sosial, dan persatuan. Tugas utama dari chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi pada jantung, kelenjar timus, paru-paru, dan sistem pereclaran darah. Gangguan fungsi dari chakra ini akan menyebabkan penyakit jantung, gangguan sistem peredaran darah, paru-paru, asma, TBC, pneumonia, dan lain-lain. Ketidakselarasan pada chakra ini juga mengakibatkan detak jantung berdebar dan clenyut jantung tidak stabil.

Chakra ini sangat penting dalam sistem sinergi manusia. Anahata mempunyai unsur udara dan berwarna hijau, bersimbol bunga teratai dengan dua belas kelopak. Chakra ini merupakan titik penyatuan energi spiritual dan sistem manusia dan energi fisik. Chakra ini berfokus pada penciptaan keseimbangan antara segala sesuatu yang kita lakukan. Chakra ini lebih mementingkan spiritualitas dibandingkan dengan kebahagiaan material, serta menekankan untuk bertindak dan melakukan perbuatan baik sehingga mencapai kemurnian dan kebahagiaan.

Gerakan yang pas untuk rnenyelaraskan chakra ini adalah semua gerakan yang membuka clada (bhujangasana, dhanurasana, shalabasana, urdhva, dan mukhadhanurasana), posisi tangan (garudasana, namastemudra terbaik, dan gomukhasana), dan semua jenis pranayama.








PATI GENI

Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasa patigeni : "niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala".

PUASA WUNGON

Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.