Selasa Kliwon, 25 April 2017
28 Rajab 1438 Hijriyah


Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Fisik


manfaat yoga untuk kesehatan fisik

Setiap orang tentu mempunyai alasan tersendiri mengapa ia memilih untuk melakukan sesuatu. Demikian halnya dengan orang-orang yang memilih untuk rnempraktikkan yoga. Orang berlatih yoga karena ada banyak manfaat yang dijanjikannya. Dengan latihan secara rutin dan benar, kita akan cepat mengubah diri menjadi lebih baik, karena dengan yoga kita dapat menguasai fisik, pikiran, emosi, dan jiwa. Pencapaian sepenuhnya antara pencerahan spiritual dan Maha Pencipta pun bisa didapat melalui yoga, karena yoga merupakan suatu proses olah batin atau proses perjalanan spiritual yang membawa diri kita pada suasana hati yang tenteram.

Berikut adalah beberapa manfaat yoga untuk kesehatan fisik jika kita meiakukannya dengan baik dan benar :

1.Meningkatkan Kekuatan Tubuh
Jika dilakukan dengan rutin dan benar, gerakan-gerakan dalam yoga dapat menguatkan tubuh, terutama bagian persendian, otot, dan tulang. Website Amazine dalam artikel berjudulnya tentang yoga menjelaskan bahwa ada beberapa pose dalam, yoga yang mengharuskan kita untuk mendukung berat tubuh sendiri, termasuk menyeimbangkan tubuh dengan satu kaki, seperti dalam Tree Pose. Ada juga gerakan yang mengharuskan kita untuk menopang tubuh dengan tangan, seperti dalam pose Downward Facing Dog. Pose-pose seperti inilah yang akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kekuatan tubuh.

2.Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Sebagaimana dituliskan oleh Yidha Wirawandha dalam buku "Kedahsyatan Terapi Yoga", gerakan-gerakan dalam yoga juga dapat membantu kita untuk meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh. Seiring dengan rutinnya kita dalam berlatih yoga, kita akan dapat meningkatkan kelenturan paha belakang, punggung, bahu, dan pinggul. Melakukan yoga dengan rutin akan membuat tubuh menjadi lentur dan enak digerakkan.

3. Melatih Keseimbangan
Keseimbangan tubuh akan mudah kita dapatkan melalui latihan yoga secara rutin. Ini rnerupakan salah satu manfaat yoga yang penting, karena tubuh yang tidak seimbang akan rentan terkena bermacam jenis penyakit. Sebaiiknya, otot dan tulang yang sehat akan menciptakan keseimbangan pada badan dan menunjang kesehatan.

4. Mengurangi Nyeri
Banyak orang yang menderita sakit punggung karena menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Yoga dapat melemaskan kembali tulang dan otot yang kaku, sehingga mencegah nyeri punggung dan nyeri di bagian lainnya, karena beberapa gerakan dalam yoga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar dapat menghilangkan nyeri pada tubuh, seperti nyeri sendi, punggung, dan kepala.

5. Melatih Pernapasan
Dalam keseharian, cara bernapas juga perlu diatur dan dikendalikan. Napas sebaiknya diatur untuk melakukan aktivitas yang
berguna bagi tubuh dan alam, karena napas yang sehat dan teratur akan mernbuat tubuh lebih sehat. Dengan yoga, kita akan belajar bagaimana cara bernapas secara efektif. Latihan pernapasan dalam yoga, yang disebut dengan pranayama akan memusatkan perhatian pada oara bernapas dan mengajarkan kita bagaimana menggunakan paru-paru untuk meningkatkan kesehatan. Latihan napas juga dapat membantu membersihkan saluran hidung dan bahkan menenangkan sistem saraf pusat.

6. Melancarkan Fungsi Organ
Yoga yang dilakukan dengan rutin akan melancarkan fungsi organ tubuh. Gerakan-gerakan dalam yoga yang dilakukan dengan benar dan teratur akan menimbulkan energi positif yang menyehatkan organ dalam, seperti jantung, paru-paru, lambung, hati, dan lain-lain. Selain melalui gerakan-gerakannya, mempraktikkan gaya hidup yoga juga dapat menyehatkan organ dalam.

7.Mengembangkan Otot
Selain dapat melatih kekuatan tubuh, yoga juga dapat meningkatkan massa otot. Dengan yoga, otot-otot dalam tubuh akan semakin kencang sehingga tubuh menjadi sehat








COSCINOMANCY

Metode ramalan yang menggunakan sebuah saringan gantung sebagai mediumnya, biasanya digunakan untuk mengindentifikasikan pelaku kejahatan.

TERAWANGAN

Terawangan adalah salah satu ilmu gaib dimana seseorang yang menguasai ilmu ini dapet melihat alam gaib dan berkomunikasi dengan penghuninya. Kemampuan seperti ini bisa didapatkan dengan berbagai macam laku/ritual baik secara mistis maupun dengan metode ilmiah. Kegunaan ilmu terawangan misalnya untuk melihat isi khodam pusaka, mendeteksi sakit pasien yang disebabkan ilmu hitam, berkomunikasi dengan makhluk astral dll.