Selasa Kliwon, 25 April 2017
28 Rajab 1438 Hijriyah


Mengenal Hatha Yoga, Jenis Yoga yang Cocok untuk Pemula


mengenal hatha yoga

Dalam perkembangannya, ada banyak cabang dari ke empat aliran utama yoga tersebut, salah satunya adalah Hatha Yoga. Hatha berasal dari bahasa Sanksekerta, "ha" berarti matahari dan "tha" yang berarti bulan. Matahari dan bulan merupakan dua sumber kekuatan alam yang berbeda. lnilah yang menjadi filosofi hatha yoga, yakni menggunakan dua kekuatan matahari dan bulan. "Ha" mempunyai arti prana yang mengatur kekuatan fisik tubuh, sedangkan "tha" berarti kekuatan mental. Jadi, hatha yoga adalah aliran yoga yang membangkitkan dua energi dalam hidup. Sebagaimana dituliskan oleh Ranti F. dalam “Hatha Yoga”, Hatha yoga bertujuan untuk “meningkatkan kesehatan dan kekuatan tubuh dengan cara memanfaatkan sumber cadangan energi tubuh (chakra) dan sumber prana”.

Hatha yoga adalah latihan yang menggunakan berbagai teknik membentuk sikap tubuh (asana) disertai dengan teknik pernapasan (pranayama), guna mencapal suatu keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda di dalam tubuh. Berlatih Hatha Yoga secara rutin dan benar akan memberikan dorongan keseimbangan hormonal untuk perbaikan mental, spiritual, dan kesehatan fisik secara optimal. Hatha Yoga bagus dipraktikkan bagi orang yang baru belajar yoga dan cocok untuk para praktisi di berbagai tingkatan. Hatha Yoga yang dilakukan dengan teknik asana (posturtubuh), pranayama (teknik pernapasan), dan meditasi. Ketiga poin ini dilakukan untuk membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh sehat penuh vitalitas.








FALAKIAH

ilmu tentang tata surya/perbintangan

LADUNI RIJALUL GHAIB

Merupakan suatu keilmuan yang sangat langka. Dengan mendawamkan amalannya berdasarkan tanggal lahir seseorang, insha Allah mempermudah mempelajari ilmu hikmah, memperkuat ilmu hikmah yang pernah dipelajari, mempertajam intuisi (mata batin), kecerdasan, mendapatkan ilham multidimensi dll.