Jumat Legi, 26 Mei 2017
29 Sya'ban 1438 Hijriyah


Mengenal Karakter Shio Kelinci


Shio Kelinci adalah zodiak dalam penanggalan China yang memiliki lambang seekor kelinci. Shio Kelinci yang pemalu adalah watak yang paling cocok. Bak seekor kelinci yang pemalu dan suka bersembunyi, begitupun dengan sosok shio Kelinci. Shio ini memiliki watak yang pemalu dan pendiam namun baik hati.

Dalam mitologi China, sosok Kelinci adalah melambangkan umur panjang dan keberuntungan. Shio Kelinci memiliki watak pendiam dan pemalu. Ia tidak akan suka menampilkan sesuatu yang akan menarik perhatian orang lain. Sosok shio ini cenderung menyembunyikan apa yang patut untuk dijaga dan disembunyikannya.

Sosok shio Kelinci adalah orang yang lihai dan pandai berdiplomasi dan menjalin hubungan kerja dan karir. Sifatnya yang pendiam dan lebih memilih menyimpan perasaan adalah sifat yang cocok bagi seorang yang pantas untuk menjadi pekerja yang tangguh dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Pendiam namun pandai berdiplomasi dan berkomunikasi adalah watak dari shio Kelinci.

Shio Kelinci yang pemalu menyukai kehidupan yang bahagia dan tanpa pertikaian. Layaknya seekor kelinci, Kelinci akan sangat gembira bermain bersama sesamanya ketika suasana aman tanpa ada gangguan. Namun, jika ada sesuatu yang mengganggunya maka ia akan segera bersembunyi. Sama halnya dengan shio Kelinci yang lebih memilih diam ketika terjadi pertikaian atau perselisihan. Dan lebih memilih memendam perasaan dan masalah ketika sesuatu menimpa kepadanya.

Sosok shio Kelinci memiliki sifat dan budi pekerti yang baik. Ia akan menganggap semua orang di sekitarnya berwatak baik seingga dalam berbuat sesuatu ia tidak akan menaruh kecurigaan yang mendalam. Dalam hal menyimpan rahasia, shio ini adalah ahlinya. Ia akan menjaga rahasia sampai titik darah penghabisan.

Dalam hubungan karir dan kerja, shio Kelinci terkenal lihai dan mahir dalam mengondisikan sesuatu meskipun dalam prosesnya ia jarang bertingkah. Ide-idenya selalu membawa kemajuan baginya dan bagi kelompoknya. Dalam hubungan percintaan atau asmara, shio Kelinci adalah sosok yang tangguh. Meskipun memiliki watak pemalu dan pendiam namun hasrat dalam hubungan percintaan sangat tinggi. Oleh karena itu sosok kelinci kadang menjadi simbol seorang yang tangguh dalam percintaan.

Shio Kelinci memilki sifat toleran terhadap orang lain dan berwatak penuh perhatian. Namun ada kalanya konsep tersebut justru berbalik arah, shio Kelinci justru bisa menjadi orang yang acuh dan mendendam. Seekor kelinci jika kehidupannya terusik atau ia merasa terganggu maka ia akan mengingat dan akan membalasnya. Sama halnya dengan shio Kelinci. Sosok shio ini bisa bersikap kasar dan acuh jika merasa dirinya dirugikan atau merasa terancam.

Keberuntungan shio Kelinci yang dijadikan lambang 'umur panjang' dalam mitologi China berkaitan erat dengan watak seekor kelinci dan watak dari shio Kelinci itu sendiri. Sama halnya dalam suatu hubungan kerja atau kekeluargaan. Jika dijalin dengan sifat yang tenggang rasa dan mampu menjaga masing-masing rahasia dan menjalankan perjanjian yang telah disepakati, maka hubungan tersebut akan berjalan selama mungkin seperti halnya kepercayaan dalam mitologi China yang mengatakan bahwa hewan Kelinci adalah pembawa umur panjang dan keberuntungan.

Sosok Shio Kelinci yang pemalu dan tangguh dalam hubungan percintaan menjadikan sosok ini dikagumi. Meskipun aungannya yang tidak keras namun dalam praktiknya shio inilah yang pandai dan lihai dalam mengambil andil dan memutuskan tindakan yang tepat. Keberuntungan dan kehidupannya akan berjalan sesuai dengan apa yang direncanakannya.








FATWA

jawaban yang diberikan oleh para ahli atas suatu permasalahan yang muncul di masyarakat misalnya fatwa halal/haram tentang bayi tabung, kloning, narkoba dll.

DAPUR

Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk atau type bilah keris. Dengan menyebut nama dapur keris, orang yang telah paham akan langsung tahu, bentuk keris yang seperti apa yang dimaksud. Misalnya, seseorang mengatakan: "Keris itu ber-dapur Tilam Upih", maka yang mendengar langsung tahu, bahwa keris yang dimaksud adalah keris lurus, bukan keris yang memakai luk. Lain lagi kalau disebut dapur-nya Sabuk Inten, maka itu pasti keris yang ber-luk sebelas. Dunia perkerisan di masyarakat suku bangsa Jawa mengenal lebih dari 145 macam dapur keris. Namun dari jumlah itu, yang dianggap sebagai dapur keris yang baku atau mengikuti pakem hanya sekitar 120 macam saja. Serat Centini, salah satu sumber tertulis, yang dapat dianggap sebagai pedoman dapur keris yang pakem memuat rincian jumlah dapur keris sbb: Keris lurus ada 40 macam dapur. Keris luk tiga ada 11 macam. Keris luk lima ada 12 macam. Keris luk tujuh ada 8 macam. Keris luk sembilan ada 13 macam. Keris luk sebelas ada 10 macam. Keris luk tigabelas ada 11 macam. Keris luk limabelas ada 3 macam. Keris luk tujuhbelas ada 2 macam. Keris luk sembilan belas, sampai luk duapuluh sembilan masing-masing ada semacam. Namun, menurut manuskrip Sejarah Empu, karya Pangeran Wijil, jumlah dapur yang dianggap pakem lebih banyak lagi. Catatan itu menunjukkan dapur keris lurus ada 44 macam, yang luk tiga ada 13 macam, luk sebelas ada 10 macam, luk tigabelas ada11 macam, luk limabelas ada 6 macam, luk tujuhbelas ada 2 macam, luk sembilanbelas sampai luk duapuluh sembilan ada dua macam, dan luk tigapuluh lima ada semacam. Jumlah dapur yang dikenal sampai dengan dekade tahun 1990-an, lebih banyak lagi.