Senin Legi, 10 Mei 2021
28 Ramadhan 1442 Hijriyah


Apa Itu Intuisi?


apa itu intuisi

Apa itu intuisi? Intuisi adalah mengetahui sesuai tanpa menyadari bagaimana anda mengetahuinya. Suatu pengetahuan yang muncul entah dari mana asalnya, suatu kesadaran tiba-tiba tanpa didasari perasaan logis. Intuisi tidak dapat dianalisa secara terperinci karena merupakan hal yang bersifat samar, naluri, getaran, perasaan, sekelebatan pemahaman.

Setiap kita memiliki bagian kesadaran yang bertindak sebagai jembatan antara dimensi-dimensi fisik dan non-fisik. Beberapa orang menyebutnya : kebijaksanaan diri atau pikiran yang lebih tinggi. Singkatknya kita memiliki bagian di dalam diri kita yang memiliki kemampuan spiritual yang dapat menolong kita dalam kehidupan. Bukankah beberapa keputusan terbaik yang pernah kita buat berasal dari getaran hati atau ide-ide yang muncul tiba-tiba tetapi diyakini kebenarannya?


  • Baca juga : Membaca Kepribadian Seseorang dari Warna Favoritnya

  • Tokoh-tokoh terkenal dunia seperti Albert Einstein, Bill Gates, Steve Jobs hingga George Soros dikenal sebagai tokoh yang memiliki intuisi yang hebat. Albert einstein misalnya, sering mendapatkan pengetahuan yang datang begitu saja saat bermain biola atau George Soros seorang pebisnis valas/saham yang menggunakan intuisinya untuk membantu mengambil keputusan. Bill gates dan Steve jobs bahkan mengingatkan kepada kita semua betapa pentingnya intuisi karena kita harus cepat dan tepat mengambil keputusan di tengah persaingan hidup yang makin kuat.

    Sedikit orang terlahir dengan bakat intuisi yang baik dan ini merupakan pemberian dari Tuhan. Sedangkan mayoritas manusia harus melatih kemampuan intuisinya agar dapat digunakan untuk membantunya dalam kehidupan.

    Bagaimana Menajamkan Intuisi ?

    Makanan memberikan gizi pada tubuh fisik anda sedangkan PERASAAN memberikan gizi bagi tubuh batin anda. Kebiasaan mementingkan diri sendiri (egois), rasa frustasi/stres, rasa bosan, iri dengki dan sejenisnya tidak akan memberikan gizi yang baik pada kemampuan batin anda. Sedangkan rasa menghargai (manusia-alam), rasa kagum, niat baik adalah makanan bergizi bagi tubuh batin anda.

    Dengan menumbuhkembangkan perasaan-perasaan positif tadi, tubuh batin anda akan berkembang pesat. Jika anda kesulitan menumbuhkan perasaan-perasaan positif, maka pikirkanlah hal-hal yang membuat anda kagum atau senang misalnya melihat air terjun, pelangi, matahari terbenam, bertemu dengan sosok yang anda kagumi, mengingat-ingat kembali prestasi yang anda capai, melihat anak anda yang sehat-ceria dan lain sebagainya. Dengan melatih ini tiap hari, maka anda akan lebih mudah untuk bersyukur yang dirasakan hingga ke perasaan anda sehingga ini akan memberikan vitamin/gizi pada tubuh batin anda.

    Memberikan gizi pada tubuh batin merupakan salah satu tahap dalam menajamkan intuisi, sedangkan tahap lainnya anda dapat berlatih menggunakan berbagai metode seperti meditasi, yoga, pelatihan aktivasi otak tengah yang dapat dilakukan untuk anak maupun dewasa. Anak-anak yang mengikuti pelatihan dapat memelihara kemampuan intuitifnya hingga dewasa nanti karena jika tidak dilatih sejak dini kemampuan-kemampuan spiritual akan memudar kecuali untuk mereka yang mendapatkan bakat dari Tuhan.








    SELUT

    seperti mendak, terbuat dari emas atau perak, bertatahkan permata. Tetapi fungsi selut terbatas hanya sebagai hiasan yang menampilkan kemewahan. Dilihat dari bentuk dan ukurannya, selut terbagi menjadi dua jenis, yaitu selut njeruk pecel yang ukurannya kecil, dan selut njeruk keprok yang lebih besar. Sebagai catatan; pada tahun 2001, selut nyeruk keprok yang bermata berlian harganya dapat mencapai lebih dari Rp. 20 juta! Karena dianggap terlalu menampilkan kemewahan, tidak setiap orang mau mengenakan keris dengan hiasan selut.

    FANA

    hilang saat berdzikir, "menyatu" dengan Tuhan, manusia mengalami kefanaan dii. Dalam kefanaan seseorang banyak mengalami pengalaman spiritual.




    belajar metafisika