Selasa Pahing, 21 Februari 2017
24 Jumadil Awwal 1438 Hijriyah


Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jiwa dan Otak


manfaat yoga untuk kesehatan jiwa

Berikut ini adalah manfaat yoga untuk kesehatan jiwa dan otak.

1. Mendapat Ketenangan Batin
Yoga menekankan konsentrasi yang dapat memberi pengaruh positif, yakni menciptakan ketenangan pikiran. Selain itu, melalui teknik meditasi dan relaksasi, yoga akan mengajak kita untuk selalu tenang dan fokus. Relaksasi secara khusus akan membuat kita tidak terbebani dengan masalah duniawi. Meditasi yang dilakukan secara rutin menjadi kunci untuk meraih ketenangan dan kebahagiaan. Meditasi akan membantu kita mengakali alam bawah sadar, sehingga bisa dioptimalkan secara positif bagi tubuh.

2 Mengurangi Depresi dan Stres
Stres sering menjadi hambatan bagi seseorang untuk melakukan pekerjaan. Stres mengakibatkan orang sulit untuk berpikir jernih. Meditasi dalam yoga berperan dalam menjernihkan pikiran. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dalam yoga, terutama dalam sesi meditasi, akan dapat mengurangi stres. Olen karenanya, banyak orang yang merasakan bahkan membutuhkan yoga sebagai daya tahan terhadap stres. Sepelik apa pun masalah yang kita hadapi, akan mencair ketika kita melakukan beberapa gerakan dalam yoga, sehingga kita akan terbebas dari tekanan stres. Selain melalui meditasi, teknik relaksasi dalam yoga juga dapat meringankan pikiran yang sedang stres. Relaksasi akan mengajak kita pada kedamaian dan ketenangan. Relaksasi mengajak kita untuk melupakan keresahan duniawi, karena keresahan duniawi hanya akan selesai jika diselesaikan dengan fokus dan positif.

Keterangan bahwa yoga dapat meredakan stres juga dijelaskan oleh Devi Asmarani dalam bukunya "yoga untuk semua" : yoga juga membuat seluruh tubuh menjadi tenang, dengan memanipulasi jaringan saraf otomatis kita yang terdiri dari symphatetic system (simpatis) dan parasymphatetic system (parasimpatis). sistem simpatis kita (yang membuat kita malawan atau lari ketika dibutuhkan atau “figh or flight system") memampukan kita menanggapi situasi membahayakan yang membuat kita stres, sementara sistem parasimpatis adalah respons relaksasi kita.

Dengan menarik napas dalam dan melepaskan ketegangan otot ketika melakukan peregangan dan dengan hertatih berfokus secara tenang dan dengan meningkatkan kesadaran lorhadap tubuh, kita juga mematikan “fight-or-flight stress response” tadi dan menyalakan respons relaksasi kita. Proses ini memperlambat detak jantung, mengurangi respirasi, dan merendahkan tekanan darah. Pada hakikatnya, inilah proses penyembuhan.

3. Meningkatkan Kesadaran Tubuh
Melakukan yoga akan memberikan peningkatan kesadaran dan kesiagaan tubuh. Banyak gerakan dalam yoga yang dapat meningkatkan keselarasan. Pose-pose yoga, meditasi, dan relaksasi akan membuat tubuh dan pikiran kira lebih siaga. Gerakan refleks akan lebih baik dilakukan jika tubuh sehat, fit, lentur, dan kuat. Banyak mengoptimalkan alam bawah sadar lewat meditasi membuat kita mampu memperoleh ide dan kreasi yang tidak terbayangkan oleh alam sadar. Seiring waktu, yoga akan membuat kita merasa lebih nyaman dengan diri sendiri dan membuat kita lebih percaya diri.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Kecerdasan
Melakukan yoga secara rutin, terutama dengan melakukan meditasi, akan meningkatkan fokus dan kecerdasan secara umum. Seperti halnya yang diungkapkan oleh peneliti olahraga di Wayne State University, melakukan yoga dengan rutin dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi berpikir, terutama dalam hal memori dan daya konsentrasi.







loading...

TAREKAT

berasal dari bahasa Arab thariqah, jamaknya tharaiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) Metode, system (al-uslub), (3) mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), (4) keadaan (al-halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, payung (?amud al-mizalah). Menurut Al-Jurjani ?Ali bin Muhammad bin ?Ali (740-816 M), tarekat ialah metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta?ala melalui tahapan-tahapan/maqamat. Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah. Bila ditinjau dari sisi lain tarekat itu mempunyai tiga sistem, yaitu: sistem kerahasiaan, sistem kekerabatan (persaudaraan) dan sistem hirarki seperti khalifah tawajjuh atau khalifah suluk, syekh atau mursyid, wali atau qutub. Kedudukan guru tarekat diperkokoh dengan ajaran wasilah dan silsilah. Keyakinan berwasilah dengan guru dipererat dengan kepercayaan karamah, barakah atau syafa?ah atau limpahan pertolongan dari guru.

ANASIR

bagian dari bahan terciptanya sebuah wujud. Misalnya dalam tubuh manusia terdapat anasir (unsur) bumi, api, udara dan air. Masing-masing mewakili karakter nafsu. Adanya empat anasir itu menyebabkan manusia bersemangat (dinamis) dalam melakukan aktifitas kehidupannya.