Minggu Legi, 25 Juni 2017
30 Ramadhan 1438 Hijriyah


PRIMBON ARAH RUMAH

 
Jika orang tionghoa mengenal ilmu fengshui untuk menentukan arah rumah, maka orang jawa memiliki perhitungan sendiri dengan menggunakan metode primbon. Arah hadap rumah sangat penting karena dapat mempengaruhi peruntungan orang yang ada dirumah tersebut.

Adapun cara menentukan arah menghadap rumah adalah dengan menghitung neptu hari kelahiran dan pasaran orang yang akan membangun rumah dalam hal ini bisa diwakili oleh kepala keluarga. Untuk mengetahui arah rumah yang memiliki keberuntungan, silahkan isi data dibawah ini :
 

 
Tgl Lahir:
 

 
 
 






RICIKAN

Adalah bagian-bagian atau komponen bilah keris atau tombak. Masing-masing ricikan keris ada namanya. Dalam dunia perkerisan soal ricikan ini penting, karena sangat erat kaitannya dengan soal dapur dan tangguh keris. Sebilah keris ber-dapur Jalak Sangu Tumpeng tanda-tandanya adalah berbilah lurus, memakai gandik polos, pejetan, sogokan rangkap, tikel alis, dan tingil. Gandik polos, pejetan, sogokan rangkap, tikel alis, dan tingil, adalah komponen keris yang disebut ricikan..

WARANGKA

Atau sarung keris kebanyakan terbuat dari kayu yang berserat dan bertekstur indah. Namun di beberapa daerah ada juga warangka keris yang dibuat dari gading, tanduk kerbau, dan bahkan dari fosil binatang purba. Warangka keris selalu dibuat indah dan sering kali juga mewah. Itulah sebabnya, warangka juga dapat digunakan untuk memperlihatkan status sosial ekonomi pemiliknya. Bentuk warangka keris berbeda antara satu daerah dengan lainnya. Bahkan pada satu daerah seringkali terdapat beberapa macam bentuk warangka. Perbedaan bentuk warangka ini membuat orang mudah membedakan, sekaligus mengenali keris-keris yang berasal dari Bali, Palembang, Riau, Madura, Jawa, Bugis, Bima, atau Malaysia.