Rabu Pon, 20 September 2017
28 Dzulhijjah 1438 Hijriyah


Mengenal Chakra Muladhara


chakra dasar

 

Muladhara berasalah dari bahasa sansekerta yakni "moola" yang berarti akar. Atas dasar inilah, chakra muladhara juga ditempatkan pada akar sistem chakra dari tubuh manusia dan berdampak besar pada eksistensi manusia secara keseluruhan. Letak chakra muladhara ada di tulang ekor. Oleh karenanya, chakra ini juga biasa disebut chakra dasar. Pemahaman mengenai chakra ini sangatlah penting, mengingat muladhara merupakan pondasi yang perlu dikokohkan sebelum menuju ke tingkat spiritual yang lebih tinggi.

Chakra ini mempunyai simbol bunga teratai yang mempunyai empat helai kelopak. Chakra ini menyerap energi bumi yang berorientasi pada pemeliharaan dan perawatan diri, merasa nyaman, dan aman. Chakra muladhara merupakan chakra dasar yang berhubungan dengan daya tahan fisik, kemauan untuk bertahan hidup, dan vitalitas. Chakra ini mengendalikan dan memberi energi pada otot dan sistem kerangka, tulang punggung, kelenjar adrenal, juga memproduksi dan memengaruhi sifat darah yang dihasilkan. Selain itu, chakra ini juga memengaruhi dan memberi energi pada organ vital.

Orang yang mengalami gangguan fungsi pada chakra ini akan punya keluhan pada wasir, nyeri tulang paha, nyeri tulang sacrum, rematik, masalah disfungsi reproduksi, haid tidak teratur, radang sendi, gangguan tulang punggung, gangguan pertumbuhan, vitalitas yang rendah, gangguan darah, kanker, leukemia, alergi, dan lambatnya penyembuhan luka dan tulang, dan lain-lain. Sedangkan dampak secara psikologisnya, jika lemah pada chakra ini orang akan cenderung
mempunyai rasa takut berlebih.








OKULTISME

Okultisme adalah kepercayaan terhadap hal-hal supranatural seperti ilmu sihir. Kata "okultisme" merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, occultism. Kata dasarnya, occult, berasal dari bahasa Latin occultus ('rahasia') dan occulere ('tersembunyi'), yang merujuk kepada 'pengetahuan yang rahasia dan tersembunyi' atau sering disalah-artikan oleh masyarakat umum sebagai 'pengetahuan supranatural'. Okultisme yang sebenarnya adalah bukanlah hanya sihir dan lebih tepatnya bukanlah supranatural, karena pada dasarnya okultisme adalah ilmu yang alami. Okultisme adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan tersembunyi yang terdapat dalam alam semesta, pada diri dan lingkungan kita. Tujuan akhirnya bagi praktisi okultisme adalah pemahaman dan pengertian yang sebenarnya tentang diri sendiri yang lebih tinggi yang kemudian akan menghasilkan pencerahan dan kebijaksanaan yang akhirnya akan mendekatkan diri pada sang pencipta.

GEMAH RIPAH

Sangat makmur. Suatu keadaan dalam masyarakat yang serba berkecukupan.