Rabu Pon, 20 September 2017
28 Dzulhijjah 1438 Hijriyah


Yoga Sebagai sebagai Latihan Tubuh, Mental dan Jiwa


latihan yoga

Dengan melakukan yoga secara benar dan rutin, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh praktisi yoga. Yoga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, juga memberi ketenangan pikiran dan kedamaian jiwa. Yoga akan menciptakan ketenangan dan ketenteraman hati, serta keahiian daiam bertingkah iaku para praktisinya. Segaia sesuatu yang terbaik dan tertinggi bisa didapatkan meiaiui yoga, karena yoga akan mengantar kita pada perkembangan fisik, pikiran, dan jiwa. Yoga merupakan sebuah cara atau jalan untuk mengendalikan dan mengatur segala kegelisahan pikiran. Apabiia seseorang ingin mendapatkan kualitas hidup yang sempurna, yoga akan menunjukkan jaiannya, karena sebenarnya kehidupan dan kesehatan seseorang ditentukan oleh kondisi fisik, mental, emosi, dan spiritual.

Sebagaimana dituliskan oleh Devi Asmarani daiam Yoga untuk Semua, "Yoga menenangkan susunan saraf atau nervous system kita, membuat pikiran menjadi lebih tenang, dan menghubungkan sang praktisi lebih dengan dengan sisi spirituainya". Dalam yoga, tubuh diibaratkan sebagai alat yang dikendalikan oleh pikiran. Sedangkan pikiran itu sendiri dipengaruhi oleh tiga aspek dasar, yaitu akal, emosi, dan aksi. Jiwa identik dengan napas yang akan memengaruhi pikiran. Oleh karena itu, tubuh, pikiran, dan jiwa merupakan satu kesatuan kenidupan yang tidak dapat dipisahkan. Ketiga aspek inilah yang menjadi fokus utama yang mencoba “dibantu” fungsi kerjanya oleh yoga.

Hebatnya lagi, yoga dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, asalkan iingkungan tersebut menjamin kenyamanan bagi si praktisi yoga. Yoga bisa dilakukan oleh pria, wanita, remaja, dewasa, dan lansia. Bahkan yoga juga bisa dilakukan oleh ibu hamil dan anak-anak. ltulah mengapa, sekali lagi, yoga tetap diminati setelah berabad-abad tahun kelahirannya.








OKULTISME

Okultisme adalah kepercayaan terhadap hal-hal supranatural seperti ilmu sihir. Kata "okultisme" merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, occultism. Kata dasarnya, occult, berasal dari bahasa Latin occultus (rahasia) dan occulere (tersembunyi), yang merujuk kepada pengetahuan yang rahasia dan tersembunyi atau sering disalah-artikan oleh masyarakat umum sebagai pengetahuan supranatural. Okultisme yang sebenarnya adalah bukanlah hanya sihir dan lebih tepatnya bukanlah supranatural, karena pada dasarnya okultisme adalah ilmu yang alami. Okultisme adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan tersembunyi yang terdapat dalam alam semesta, pada diri dan lingkungan kita. Tujuan akhirnya bagi praktisi okultisme adalah pemahaman dan pengertian yang sebenarnya tentang diri sendiri yang lebih tinggi yang kemudian akan menghasilkan pencerahan dan kebijaksanaan yang akhirnya akan mendekatkan diri pada sang pencipta.

SANTET

Santet adalah upaya seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu hitam. Santet dilakukan menggunakan berbagai macam media antara lain rambut, foto, boneka, dupa, rupa-rupa kembang, dan lain-lain. Seseorang yang terkena santet akan berakibat cacat atau meninggal dunia.