Rabu Pahing, 26 Juli 2017
2 DzulQa'dah 1438 Hijriyah


Yoga Sebagai sebagai Latihan Tubuh, Mental dan Jiwa


latihan yoga

Dengan melakukan yoga secara benar dan rutin, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh praktisi yoga. Yoga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, juga memberi ketenangan pikiran dan kedamaian jiwa. Yoga akan menciptakan ketenangan dan ketenteraman hati, serta keahiian daiam bertingkah iaku para praktisinya. Segaia sesuatu yang terbaik dan tertinggi bisa didapatkan meiaiui yoga, karena yoga akan mengantar kita pada perkembangan fisik, pikiran, dan jiwa. Yoga merupakan sebuah cara atau jalan untuk mengendalikan dan mengatur segala kegelisahan pikiran. Apabiia seseorang ingin mendapatkan kualitas hidup yang sempurna, yoga akan menunjukkan jaiannya, karena sebenarnya kehidupan dan kesehatan seseorang ditentukan oleh kondisi fisik, mental, emosi, dan spiritual.

Sebagaimana dituliskan oleh Devi Asmarani daiam Yoga untuk Semua, "Yoga menenangkan susunan saraf atau nervous system kita, membuat pikiran menjadi lebih tenang, dan menghubungkan sang praktisi lebih dengan dengan sisi spirituainya". Dalam yoga, tubuh diibaratkan sebagai alat yang dikendalikan oleh pikiran. Sedangkan pikiran itu sendiri dipengaruhi oleh tiga aspek dasar, yaitu akal, emosi, dan aksi. Jiwa identik dengan napas yang akan memengaruhi pikiran. Oleh karena itu, tubuh, pikiran, dan jiwa merupakan satu kesatuan kenidupan yang tidak dapat dipisahkan. Ketiga aspek inilah yang menjadi fokus utama yang mencoba “dibantu” fungsi kerjanya oleh yoga.

Hebatnya lagi, yoga dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, asalkan iingkungan tersebut menjamin kenyamanan bagi si praktisi yoga. Yoga bisa dilakukan oleh pria, wanita, remaja, dewasa, dan lansia. Bahkan yoga juga bisa dilakukan oleh ibu hamil dan anak-anak. ltulah mengapa, sekali lagi, yoga tetap diminati setelah berabad-abad tahun kelahirannya.








GENDERUWO

adalah sejenis mahluk halus yang dikenal di indonesia dimana memiliki ciri fisik badannya tinggi besar dan dipenuhi dengan bulu-bulu hitam. Kehadiran genderuwo biasanya bisa dicium dari bebauan seperti kentang dibakar.

SELUT

seperti mendak, terbuat dari emas atau perak, bertatahkan permata. Tetapi fungsi selut terbatas hanya sebagai hiasan yang menampilkan kemewahan. Dilihat dari bentuk dan ukurannya, selut terbagi menjadi dua jenis, yaitu selut njeruk pecel yang ukurannya kecil, dan selut njeruk keprok yang lebih besar. Sebagai catatan; pada tahun 2001, selut nyeruk keprok yang bermata berlian harganya dapat mencapai lebih dari Rp. 20 juta! Karena dianggap terlalu menampilkan kemewahan, tidak setiap orang mau mengenakan keris dengan hiasan selut.