Rabu Kliwon, 21 Oktober 2020
4 Rabiul Awwal 1442 Hijriyah


Doa Supaya Anak Lekas Tidur


Bagi yang anaknya rewel, sulit untuk tidur maka bisa gunakan doa sirep dibawah ini agar anak mengantuk dan lekas tertidur.

doanya :

"Awakku kembang jayakusuma,kang mambu podho turu,rep sirep si jabang bayi,remeng remeng anglungguhi gedhong peteng jer hati tlekem,rep sirep si jabang bayi,sirep saking kersaning Allah".

caranya: Baca doa diatas, setelah itu tiupkan sebanyak 3x di ubun-ubun (bagian atas kepala) si anak. insya Allah si anak merasa mengantuk dan bisa tidur dengan lelapnya.










KALENDER JAWA

Kalender Jawa adalah sebuah kalender yang istimewa karena merupakan perpaduan antara budaya Islam, budaya Hindu-Buddha Jawa dan bahkan juga sedikit budaya Barat. Dalam sistem kalender Jawa, siklus hari yang dipakai ada dua: siklus mingguan yang terdiri dari 7 hari seperti yang kita kenal sekarang, dan siklus pekan pancawara yang terdiri dari 5 hari pasaran. Pada tahun 1625 Masehi, Sultan Agung yang berusaha keras menyebarkan agama Islam di pulau Jawa dalam kerangka negara Mataram mengeluarkan dekrit untuk mengubah penanggalan Saka. Sejak saat itu kalender Jawa versi Mataram menggunakan sistem kalender kamariah atau lunar, namun tidak menggunakan angka dari tahun Hijriyah (saat itu tahun 1035 H). Angka tahun Saka tetap dipakai dan diteruskan. Hal ini dilakukan demi asas kesinambungan. Sehingga tahun saat itu yang adalah tahun 1547 Saka, diteruskan menjadi tahun 1547 Jawa.

HIJAB

Artinya tirai atau penutup. Hijab berasal dari diri manusia yang menyebabkan terhalangnya dengan Allah. Hijab dibentuk oleh nafsu-nafsu negatif manusia itu sendiri.


belajar metafisika