Minggu Wage, 1 Agustus 2021
22 Dzulhijjah 1442 Hijriyah


kamus mistik
 

Kamus Mistik



PANDHITA


Pandhita adalah orang yang tinggi dalam tingkat pemahaman dan pelaksanaan agama, juga gemar menyepi, bertapa dan memberi nasehat dalam urusan spiritual atau religi.


SOMNAMBULE


somnambule adalah tidur dalam keadaan yang tidak normal misalnya tidur sambil berjalan atau tidur dalam keadaaan di hipnotis.

POCONG


Pocong adalah sebutan untuk salah satu jenis hantu di indonesia yang penampakannya berupa mahluk dengan dibalut kain kafan. Mahluk ini dipercaya sebagai wujud dari arwah penasaran yang saat meninggal belum mencapai kesempurnaan sehingga kemudian sering menampakan wujudnya ke orang-orang yang masih hidup. Untuk mengatasi arwah penasaran, solusinya adalah dengan mengadakan ritual atau doa-doa khusus misalnya dengan mengadakan tahlilan untuk yang beragama islam.

INDERA KE ENAM


Indera ke enam adalah kemampuan metafisika yang dapat memberikan petunjuk secara batin. Misal anda memiliki perasaan yang kuat bahwa sesuatu akan terjadi dan seringkali terbukti maka itu adalah ciri-ciri memiliki indera ke enam.

INTUISI


Intuisi adalah mengetahui sesuai tanpa menyadari bagaimana anda mengetahuinya. Suatu pengetahuan yang muncul entah dari mana asalnya, suatu kesadaran tiba-tiba tanpa didasari perasaan logis.

HANACARAKA


Hanacaraka atau Hanacarana merupakan aksara jawa sebanyak 20 huruf dalam bentuk carakan. Hancaraka secara harfiah berarti ada utusan dari Tuhan yakni seorang laki dan perempuan.

TERAWANGAN


Terawangan adalah salah satu ilmu gaib dimana seseorang yang menguasai ilmu ini dapet melihat alam gaib dan berkomunikasi dengan penghuninya. Kemampuan seperti ini bisa didapatkan dengan berbagai macam laku/ritual baik secara mistis maupun dengan metode ilmiah. Kegunaan ilmu terawangan misalnya untuk melihat isi khodam pusaka, mendeteksi sakit pasien yang disebabkan ilmu hitam, berkomunikasi dengan makhluk astral dll.

MERAGA SUKMA


Meraga sukma atau astral projection atau OOBE (out of body experience) adalah fenomena dimana tubuh halus manusia atau sukma bisa keluar dari tubuh lalu melakukan perjalanan astral baik ke alam fisik maupun alam spiritual. Banyak hal bisa dilakukan dengan meraga sukma seperti berkeliling dunia hingga bertemu bahkan berguru dengan mahluk-mahluk astral.


INTI ENERGI


Inti energi adalah bentuk energi yang terdapat di dalam tubuh manusia yang biasa disebut chakra dan juga cupu kursani. Chakra berbentuk roda berputar sedangkan cupu berbentuk telur dimana kedua jenis energi ini bisa dibuka oleh seorang praktisi metafisika. Ada manusia yang telah terbuka inti energinya karena anugrah dari Tuhan namun mayoritas manusia inti energinya belum terbuka sehingga harus dibuka dengan berbagai metode/ritual.

AKTIVASI OTAK TENGAH


Aktivasi Otak Tengah adalah aktivasi otak atau stimulasi otak yang menggunakan cara-cara yang menyenangkan, membuat gembira. Aktivasi otak tengah biasanya adalah untuk anak dimana anak diajarkan cara menyeimbangkan kemampuan otak kiri-kanan sehingga intuisinya muncul dan dapat didemokan berbagai permainan dengan mata tertutup.




IBLIS

Iblis (dari bahasa Arab yang artinya "dia yang dipukul memar"). Alkitab tak punya literatur tentang Setan, selain dari perjanjian lama: ha-Satana, yang berarti musuh. Definisi setan ini lalu diadopsi oleh bahasa Yunani: diabolos) yang dalam bahasa Inggris disebut devil. Dalam referensi Islam, Iblis merupakan makhluk yang berasal dari golongan Jin. Sejak penciptaan manusia Adam, iblis di suruh sujud kepadanya, namun iblis tidak mau sujud kepadanya, oleh karena itu, Iblis dipecat oleh Tuhan dari kelompok malaikat dan menjadi terkutuk. lalu Iblis dendam kepada manusia, keturunan Adam karena lantaran kehadiran Adam, obsesinya jadi makhluk nomor satu jadi buyar. Iblis juga disebut Setan dan seluruh jin dan manusia yang menjadi pengikutnya juga disebut Setan.

WUKU

Wuku adalah nama sebuah siklus waktu yang berlangsung selama 30 pekan. Satu pekan atau minggu terdiri dari tujuh hari sehingga satu siklus wuku terdiri dari 210 hari. Perhitungan wuku (bahasa Jawa: pawukon) terutama digunakan di Bali dan Jawa. Ide dasar perhitungan menurut wuku ini adalah bertemunya dua hari dalam sistem pancawara(pasaran) dan saptawara (pekan) menjadi satu. Sistem pancawara atau pasaran terdiri dari lima hari, sedangkan sistem saptawara terdiri dari tujuh hari. Dalam satu wuku, pertemuan antara hari pasaran dan hari pekan sudah pasti. Misalkan hari Sabtu-Pon terjadi dalam wuku Wugu. Menurut kepercayaan tradisional orang Bali dan Jawa, semua hari-hari ini memiliki makna khusus.


Advertorial

zodiak

belajar metafisika



Top bloggers in india