Minggu Pahing, 5 Februari 2023


Mengenal Tarot


kartu tarot

Apa itu tarot? Tarot adalah sebuah metode pembacaan atau ramalan yang menggunakan 78 kartu yang mewakili simbol-simbol spiritual dan psikologis. Tarot telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu orang menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam hidup mereka. Sejarah tarot dapat ditelusuri kembali ke abad ke-15 di Italia, namun kepercayaan akan kekuatan spiritual kartu-kartu ini telah ada sejak zaman kuno.

Fungsi tarot sendiri adalah sebagai alat untuk introspeksi, self-discovery dan pemahaman diri. Selain itu tarot juga dapat digunakan untuk mengungkapkan situasi masa depan, mengungkapkan konflik dalam diri seseorang dan memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi. Dalam artikel ini, kita akan mengulas tentang sejarah, cara membaca dan perkembangan tarot serta tips dan trik yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam memahami kartu-kartu tarot.

Jenis kartu tarot yang umum digunakan dalam membaca tarot adalah:

Major Arcana : Terdiri dari 22 kartu yang mewakili konsep-konsep yang lebih abstrak dan universal seperti kelahiran, kematian, dan perubahan. Beberapa kartu yang termasuk dalam Major Arcana antara lain The Fool, The Magician, The High Priestess, The Empress, The Emperor, The Hierophant, The Lovers, The Chariot, Justice, The Hermit, Wheel of Fortune, The Hanged Man, Death, Temperance, The Devil, The Tower, The Star, The Moon, The Sun, Judgement, dan The World.


Baca juga :

Minor Arcana : Terdiri dari 56 kartu yang dibagi menjadi empat kategori, yaitu Wands, Cups, Swords, dan Pentacles. Masing-masing kategori mewakili elemen dan aspek kehidupan yang berbeda. Beberapa kartu yang termasuk dalam Minor Arcana antara lain Ace of Wands, Two of Cups, Three of Swords, Four of Pentacles.

Court Cards : Terdiri dari 16 kartu yang mewakili sifat-sifat, peran, atau orang-orang dalam kehidupan pembaca. Beberapa kartu yang termasuk dalam Court Cards antara lain Page of Wands, Knight of Cups, Queen of Swords, King of Pentacles.

Cara Membaca Tarot:

A. Pemahaman Simbol-simbol dalam Kartu Tarot:

  1. Setiap kartu dalam tarot memiliki simbol-simbol yang unik dan mewakili ide-ide yang berbeda.
  2. Beberapa kartu, seperti Major Arcana, mewakili konsep-konsep yang lebih umum dan abstrak, sementara kartu Minor Arcana mewakili situasi-situasi yang lebih konkret dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Dalam membaca tarot, penting untuk belajar untuk mengenali dan memahami simbol-simbol dalam setiap kartu.

B. Cara Menyusun Spread (Pengaturan Kartu-kartu saat Membaca):

  1. Spread adalah cara kartu-kartu tarot disusun saat membaca.
  2. Ada berbagai jenis spread yang dapat digunakan, seperti spread satu kartu, spread tiga kartu, dan spread delapan kartu.
  3. Setiap spread memiliki tujuan yang berbeda dan dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berbeda.
  4. Pemula dapat memulai dengan spread yang sederhana seperti spread satu atau tiga kartu, dan kemudian berkembang ke spread yang lebih kompleks seiring dengan pengalaman dan keterampilan mereka dalam membaca tarot.

C. Contoh Interpretasi Kartu-kartu dalam Spread:

  1. Setelah kartu-kartu dalam spread disusun, pembaca harus menafsirkan makna dari setiap kartu dan menghubungkannya dengan pertanyaan yang diajukan.
  2. Contoh: jika kartu yang muncul dalam spread adalah The Tower, maka itu bisa menunjukkan konflik atau kejutan yang akan datang dalam situasi yang ditanyakan.
  3. Namun, interpretasi harus disesuaikan dengan konteks dan situasi pembaca dan dapat berbeda-beda untuk setiap pembaca yang berbeda.

Perkembangan Tarot:

A. Tarot dalam Budaya Populer:

  • Tarot telah menjadi populer dalam budaya pop selama bertahun-tahun dan sering digunakan sebagai alat untuk mengungkapkan masa depan atau mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pribadi.
  • Tarot sering digunakan dalam novel, film, televisi, dan media lainnya untuk memberikan unsur-unsur misteri dan kejutan.
  • Beberapa kartu tarot juga digunakan sebagai inspirasi dalam desain produk, seperti t-shirt, poster, dan aksesoris.

B. Tarot dalam komunitas spiritual:

  • Tarot telah menjadi bagian dari berbagai komunitas spiritual selama berabad-abad.
  • Tarot digunakan dalam praktik-praktik seperti kebatinan, paganisme, dan New Age untuk mengejar kedalaman spiritual dan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan filosofis.
  • Beberapa komunitas juga menggunakan tarot sebagai alat untuk meditasi dan pengembangan diri.

C. Tarot dalam Dunia Online:

  • Dengan munculnya internet, tarot menjadi semakin mudah diakses oleh masyarakat.
  • Beberapa situs web dan aplikasi menyediakan layanan membaca tarot secara online, yang memungkinkan orang untuk meminta jawaban atas pertanyaan mereka tanpa harus bertemu dengan pembaca tarot secara langsung.
  • Selain itu, ada juga banyak sumber belajar, seperti tutorial video, artikel dan grup diskusi online yang membantu orang untuk belajar tentang tarot dan meningkatkan keterampilan membacanya.

Tarot Wayang

Tarot Wayang adalah sebuah sistem tarot yang dikembangkan di Indonesia yang menggabungkan simbol-simbol dari tarot dengan unsur-unsur dari kebudayaan wayang. Wayang adalah sebuah bentuk seni pertunjukan yang populer di Indonesia, yang menampilkan pewayangan (wayang kulit atau wayang golek) yang digerakkan oleh seorang dalang (pemain wayang) di belakang layar.

Tarot Wayang menggunakan kartu-kartu tradisional tarot, tetapi dengan simbol-simbol yang diinterpretasikan dengan cara yang sesuai dengan kebudayaan wayang. Tarot Wayang juga menggunakan kartu-kartu tambahan yang khusus untuk kebudayaan wayang, seperti kartu-kartu yang mewakili tokoh-tokoh wayang seperti Arjuna, Semar dan lainnya. Selain itu, tarot Wayang juga menggabungkan mitos dan cerita wayang dalam interpretasinya, seperti dalam kartu The Tower yang diinterpretasikan sebagai kisah kehancuran Kerajaan Kediri dalam wayang.

Tarot Wayang digunakan oleh beberapa pembaca tarot di Indonesia untuk membantu orang menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam hidup mereka dengan menggabungkan kearifan lokal dan tradisi kebudayaan dengan metode pembacaan tarot tradisional. Namun, perlu diingat bahwa tarot wayang merupakan sebuah variasi dari tarot tradisional, sehingga interpretasi dari kartu-kartunya mungkin berbeda dari interpretasi kartu-kartu tarot tradisional. Selain itu, interpretasi dari kartu-kartu tarot wayang juga dapat berbeda-beda tergantung dari interpretasi dari dalang wayang yang digunakan.

Tarot Wayang juga digunakan sebagai alat untuk mengejar kedalaman spiritual dan pemahaman diri, karena menggabungkan simbol-simbol tarot dengan mitos dan cerita wayang yang kaya akan nilai-nilai filosofis dan spiritual. Namun, perlu diingat bahwa tarot wayang merupakan sebuah sistem tarot yang relatif baru dan belum dikenal luas di dunia tarot, jadi tidak sepopuler tarot tradisional.

Saran untuk Pengguna Tarot Baru:

  • Belajar untuk mengenali dan memahami simbol-simbol dalam setiap kartu.
  • Mulai dengan spread yang sederhana dan berkembang ke spread yang lebih kompleks.
  • Belajar untuk menafsirkan kartu secara intuitif dan tidak terlalu terpaku pada interpretasi yang ditentukan.
  • Ingat bahwa tarot adalah alat introspeksi dan self-discovery, jangan lupa untuk menggunakannya untuk mengejar kedalaman spiritual dan pemahaman diri.






 


CLAIRSENTIENCE

Merupakan suatu proses ?Rasa Jernih? dari informasi peramalan. Para ahli Parapsychology menganggapnya sebagai sebuah bentuk dari of ESP (Extra Sensory Perception).

AMANAH

Kepercayaan yang diberikan orang lain, berupa barang atau jabatan.




RAMALAN


Grup Telegram Dunia Gaib

belajar metafisika