Jumat Pon, 1 Juli 2022
1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah


Firasat Awal Bulan Hijriyah


firasat hijriyah

Dalam kalender masehi, Tahun baru diawali pada bulan januari, sedangkan pata kalender islam/hijriyah, awal tahun baru diawali pada bulan muharram. Ada pertanda tertentu yang bisa kita perhatikan saat tahun baru islam tiba yakni dengan mengamati hari apakah tanggal 1 muharram itu. Dari hari tersebut ada pertanda-pertanda atau firasat yang perlu diwaspadai.


Baca juga :

Menurut Syekh Muhammad Arl-Marzuqin dalam kitab “NATIIJATUL menjelaskan :

Minggu : apabila awal tahun hijriyah yaitu awal bulan Muharam jatuh pada hari Ahad maka menunjukkan bahwa para pembesar, para raja dan penguasa banyak yang zalim, kemarau panjang dan sedikif hujan.

Senin : apabila jatuhh padarhari Isnen, menunjukkan kebaikan para raja,  penguasa dan banyak turun hujan.

Selasa : apabila jatuh pada hari Selasa, maka pertanda banyak raja dan pembesar serta penguasa yang meninggal dunia, banyak terjadi keributan dan pertumpahan darah dan harga barang-barang kebutuhan sehari-hari naik terus di samping hujan yang hanya sedikit turun.

Rabu : apabila jatuh pada hari Rabu rnaka situasinya sedang-sedang saja, artinya tidak terlalu sulit tetapi juga tidak terlalu mudah.

Kamis : apabila jatuh pada hari kamis maka pertanda banyak raja yang adil dan para penguasa pun banyak yang jujur dan tidak ada yang melakukan korupsi atau penghianatan. Begitu pula para pejabat Departemen kehakiman hampir semuanya jujur-jujur semua. Di sampingitu banyak hujan dan banyak rezeki.

Jumat : apabila awal tahun muharram jatuh pada hari Jum’at, maka suatu pertanda bnyak raja-raja yang zalim, banyak pejabat tinggi dan penguasa yang korupsi, curang dan mereka itu lebih banyak berkata dari pada bekerja. Pada tahun itu sedikit seikali hujan turun.

Sabtu : apabila awal tahun Muharam jatuh pada hari Sabtu, maka itu berarti sebagian besar rakyat akan mengalami kesulitan dalam mencari lapangan pekerjaan sehingga dalam hidupnya selalu mengalami berbagai kesulitan. Rakyat kecil merasa was-was menghadapi kenyataan hidup yang tiadk menentu sebab banyak terjadi tindak kekerasan di mana-mana.








SANTET

Santet adalah upaya seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu hitam. Santet dilakukan menggunakan berbagai macam media antara lain rambut, foto, boneka, dupa, rupa-rupa kembang, dan lain-lain. Seseorang yang terkena santet akan berakibat cacat atau meninggal dunia.

DAPUR

Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk atau type bilah keris. Dengan menyebut nama dapur keris, orang yang telah paham akan langsung tahu, bentuk keris yang seperti apa yang dimaksud. Misalnya, seseorang mengatakan: "Keris itu ber-dapur Tilam Upih", maka yang mendengar langsung tahu, bahwa keris yang dimaksud adalah keris lurus, bukan keris yang memakai luk. Lain lagi kalau disebut dapur-nya Sabuk Inten, maka itu pasti keris yang ber-luk sebelas. Dunia perkerisan di masyarakat suku bangsa Jawa mengenal lebih dari 145 macam dapur keris. Namun dari jumlah itu, yang dianggap sebagai dapur keris yang baku atau mengikuti pakem hanya sekitar 120 macam saja. Serat Centini, salah satu sumber tertulis, yang dapat dianggap sebagai pedoman dapur keris yang pakem memuat rincian jumlah dapur keris sbb: Keris lurus ada 40 macam dapur. Keris luk tiga ada 11 macam. Keris luk lima ada 12 macam. Keris luk tujuh ada 8 macam. Keris luk sembilan ada 13 macam. Keris luk sebelas ada 10 macam. Keris luk tigabelas ada 11 macam. Keris luk limabelas ada 3 macam. Keris luk tujuhbelas ada 2 macam. Keris luk sembilan belas, sampai luk duapuluh sembilan masing-masing ada semacam. Namun, menurut manuskrip Sejarah Empu, karya Pangeran Wijil, jumlah dapur yang dianggap pakem lebih banyak lagi. Catatan itu menunjukkan dapur keris lurus ada 44 macam, yang luk tiga ada 13 macam, luk sebelas ada 10 macam, luk tigabelas ada11 macam, luk limabelas ada 6 macam, luk tujuhbelas ada 2 macam, luk sembilanbelas sampai luk duapuluh sembilan ada dua macam, dan luk tigapuluh lima ada semacam. Jumlah dapur yang dikenal sampai dengan dekade tahun 1990-an, lebih banyak lagi.



Advertorial

Grup Telegram Dunia Gaib

belajar metafisika