Jumat Pahing, 19 Agustus 2022
21 Muharam 1444 Hijriyah


Apa itu Ramalan?


metode ramalan

Sebelum mengurai berbagai jenis ramalan di dunia, kita perlu mengetahui sebenarnya apa itu ramalan? ramalan atau nujum atau nubuat dalam  adalah prediksi mengenai peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa datang. Dalam bahasa Inggris, ramalan diistilahkan sebagai prophecy. Di Indonesia, istilah nubuat banyak dipakai di lingkup pewahyuan dalam Ketuhanan (agama/kepercayaan), sedangkan istilah ramalan atau nujuma lebih banyak digunakan dalam lingkup prediksi nasib masa depan. 

Ramalan berasal dari kata "ramal" yang artinya adalah suatu ilmu untuk menafsir, menilik, melihat atau memprediksi nasib seseorang, atau apa yang akan terjadi di masa depan. Ramalan juga merupakan salah satu cabang dari okultisme. Okultisme sendiri adalah ilmu atau permainan di dunia atau alam gaib. Banyak sekali model-model ramal yang banyak dipakai seseorang dalam menentukan jodoh, karir, rejeki dan lain sebagainya. Sebut saja Ramalan Jodoh untuk mengetahui keakuratan jodoh. 

SEJARAH RAMALAN 

Ramalan berasalah dari sebuah kata dalam bahasa arab yakni "raml" yang artinya adalah menafsir atau melihat atau memprediksi nasib seseorang dan segala hal yang akan terjadi di masa depan. Sejarah ramalan telah ada dari jaman dahulu kala dimana raja Fir'aun telah diberi peringatan oleh salah seorang peramal bahwa akan ada seorang laki-laki yang kelak menjatuhkan tahta kepemimpinannya. Hal ini membuat akhirnya membunuh setiap bayi laki-laki. 

Ramalan sendiri bisa dikategorikan dalam 3 bagian :

1. Ramalan yang berasal dari Sang Pencipta (Tuhan). Ini biasanya diwahyukan kepada para Nabi/Rasul.

2. Ramalan Ilmiah, merupakan ramalan yang dilakukan oleh para iimuwan melalui penilitian ilmiah. Misalnya ramalan cuaca, ramalan waktu kelahiran seorang anak dari ibu hamil. 

3. Ramalan Mistik, yaitu ramalan yang didapat dari alam astral, makhluk gaib, kepekaan batin atau melalui media lain yang biasa digunakan oleh seorang peramal. Ramalan ini biasanya dilakukan oleh paranormal atau praktisi spiritual.


JENIS-JENIS RAMALAN

1. Aeromancy
Ramalan dengan menggunakan udara dan langit sebagai mediumnya yakni dengan cara mengamati bentuk awan, komet dan fenomena langit lainnya. 

2. Alectryomancy 
Metode ramalan dengan menggunakan seekor burung di mana burung tersebut dibiarkan mematuk biji-biji jagung dari sekumpulan huruf-huruf. Metode lainnya dengan mengamati huruf-huruf yang dipatuk oleh seekor ayam di dalam suatu ritual. 

3. Aleuromancy 
Metode ramalan yang menggunakan "Kue Keberuntungan" sebagai mediumnya. 

4. Alomancy 
Bentuk ramalan yang menggunakan garam dapur sebagai mediumnya. 

5. Alphitomancy 
Suatu bentuk ramalan yang dipergunakan untuk menemukan pelaku kejahatan. Yakni dengan membuat makanan dari gandum atau biji barley sebagai mediumnya. Si pelaku kejahatan akan menderita sakit perut setelah memakan makanan tersebut. 

6. Amniomancy 
Suatu bentuk ramalan yang menafsirkan bercak-bercak yang ada di wajah bayi saat lahir. 

7. Anthropomancy 
Ramalan kuno yang dilarang oleh hukum karena menggunakan korban manusia dalam ritualnya. 

8. Apantomancy 
Metode ramalan yang menafsirkan pertemuan secara tidak sengaja dengan binatang seperti: kucing hitam, ular, dan makhluk lain sebagai tanda atau firasat tertentu. 


Baca juga :

9. Arithmancy 
Merupakan ramalan bentuk awal dari Numerology dimana proses peramalan dilakukan dengan menjumlah dan menghitung nilai huruf-huruf yang ada. 

10. Astraglomancy 
Suatu bentuk ramalan yang menggunakan sebuah dadu sebagai mediumnya dimana permukaan dadu tersebut tertera angka atau huruf. 

11. Astrology 
Suatu bentuk ramalan yang menggunakan benda-benda langit seperti: matahari, bulan, planet dan bintang sebagai pedoman. 

12. Augury 
Merupakan istilah umum seni meramal yang khususnya dipergunakan untuk mengartikan tanda, simboi-simbol dan firasat. 

13. Austromancy 
Suatu bentuk ramalan dengan cara mengamati dan menafsirk(an angin sebagai mediumnya. 

14. Axlomancy 
Ramalan menggunakan kapak sebagai mediumnya dengan cara mengamati gerakan ketika kapak diayunkan; arah dan jarak pegangan kapak tersebut kemudian diartikan 

15. Belomancy 
Metode ramalan kuno dengan cara melepaskan anak panah. Metode ramalan ini dikenal dengan banyak bentuk. Masyarakat Babylonia dan Syria melekatkan label berisi angka-angka pada anak panah tersebut yang kemudian ditembakkan sejauh mungkin. Cara lainnya yakni dengan menembakkan anak panah ke udara dan kemudian arah serta bentuk pendaratan dari anak panah tersebut ditafsirkan. Metode lainnya dipergunakan oleh masyarakat Yunani dan kemudian oleh masyarakat Arab adalah dengan menembakkan anak panah ke sebuah batu lalu tanda-tanda yang dihasilkan dari tembakan anak panah tersebut ditafsirkan. Sedangkan metode yang dipakai oleh masyarakat Tibet adalah dengan menempatkan dua anak panah dengan ujung lancip mengarah ke bawah di dalam sebuah wadah kemudian mereka akan mengartikan pergerakkan yang terjadi di dalamnya. Metode lain adalah dengan melekatkan tulisan-tulisan berisi ramalan pada anak panah lalu dipilih secara acak. 

16. Bibilomancy 
Metode ramalan yang menggunakan buku, Kitab Injil atau kitab suci lainnya sebagai mediumnya. Caranya dengan memilih secara acak halaman kitab suci lalu mengartikan makna yang ada. 

17. Botamancy 
Metode ramalan yang dilakukan dengan cara membakar cabang-cabang pohon dan dedaunan. 

18. Bumpology 
Nama modern dari Phrenology. Lihat ke Phrenology. 

19. Capnomancy 
Metode ramalan kuno yang dilakukan melalui menafsirkan asap yang muncul saat pembakaran. 

20. Cartomancy 
Metode ramalan yang menggunakan kartu sebagai mediumnya seperti kartu Remi, Ceki, Tarot dan kartu Rune. Atau lebih dikenal dengan istilah Ramalan Keberuntungan "Fortune Telling". 

21. Catoptromancy 
Suatu bentuk awal ramalan dengan memandang Kristal. Metode ramalan ini menggunakan sebuah cermin yang di arahkan ke bulan untuk memperoleh pantulan cahaya bulan. 

22. Causimomancy
Metode ramalan yang menafsirkan gerak-gerik benda yang dibakar dalam perapian. 

23. Cephalomancy 
Istilah ini mengacu pada sebuah bentuk ramalan yang menggunakan tengkorak keledai atau kambing sebagai mediumnya. 

24. Ceraunomancy
Metode ramalan yang mengamati kekuatan, arah dan gerak-ger,ik angin sebagai mediumnya.

25. Ceraunoscopy 
Merupakan sebuah bentuk ramalan yang dilakukan dengan cara mengadakan suatu ritual untuk memperoleh pertanda dari petir dan halilintar. 

26. Ceroscopy/Ceromancy 
Metode ramalan yang menggunakan cairan lilin yang dituangkan ke atas air dingin. Bentuk-bentuk yang dihasilkan akan diramalkan. 

27. Cheiromancy 
Lebih dikenal sebagai Palmistry; yakni ramalan yang menafsirkan bentuk garis tangan. 

28. Chirognomy 
Sebuah bentuk ramalan yang menafsirkan bentuk-bentuk tangan. 

29. Clairsentience 
Merupakan suatu proses "Rasa Jernih" dari informasi peramalan. Para ahli Parapsychology menganggapnya sebagai sebuah bentuk dari of ESP (Extra Sensory Perception). 

30. Clairauchence
Merupakan suatu proses "Pendengaran Jernih" dari informasi peramalan. Para ahli Parapsychology menganggapnya sebagai sebuah bentuk dari of ESP (Extra Sensory Perception). 

31. Clairvoyance 
Merupakan suatu proses "Penglihatan Jernih" dari informasi peramalan. Para ahli Parapsychology menganggapnya sebagai sebuah bentuk dari of ESP (Extra Sensory Perception). 

32. Cleidomancy 
Metode ramalan yang menggunakan sebuah kunci yang digantung dengan benang, kunci itu dipegang dengan ibu jari dan telunjuk. Kunci itu diturunkan di dalam gelas, ketika kunci menyentuh sisi gelas; menyentuh 1 kali berarti jawaban "ya" dan jika 2 kali berarti "tidak". 

33. Cleromancy 
Metode ramalan yang menggunakan medium benda berbentuk bongkahan atau benda yang mirip dadu seperti kelereng atau cangkang mutiara. 

34. Coscinomancy 
Metode ramalan yang menggunakan sebuah saringan gantung sebagai mediumnya, biasanya digunakan untuk mengindentifikasikan pelaku kejahatan. Lihat ke Radiesthesia. 

35. Critomancy 
Metode ramalan yang menggunakan kue yang terbuat dari biji barley sebagai mediumnya. 

36. Crommomancy 
Metode ramalan yang menggunakan bawang putih sebagai mediumnya. 

37. Crystallomancy 
Metode ramalan yang menggunakan cara memandangi Kristal seperti batu kuarsa, logam mulia (misalnya kristal beryl) atau bola Kristal tradisional. 

38. Cyclomancy 
Metode ramalan yang dilakukan dengan cara mengamati dan menafsirkan perputaran roda. 

39. Dactylomancy 
Merupakan bentuk awal dari Radiesthesia. Ramalan ini menggunakan sebuah cincin yang digantung sebagai mediumnya. 

40. Daphnomancy 
Merupakan suatu bentuk ramalan yang mengharuskan orang untuk mendengarkan bunyi kayu laurel yang tengah dibakar di api unggun selama prosesi ritual. 

41. Demonomancy 
Merupakan suatu bentuk ramalan yang memerlukan bantuan setan. 

42. Elaeolancy 
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan bentuk permukaan benda-benda cair. 

43. Empyromancy 
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan perilaku benda-benda yang dilemparkan di atas perapian. 

44. Extisplcy 
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan daging jeroan korban persembahan 

45. Gastromancy 
Merupakan bentuk kuno ventriloquism dimana suara direndahkan hingga mencapai tonasi menyayat hati dan kata-kata ramalan dalam kondisi trans. 

46. Geloscopy 
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan tonasi tawa orang. 

47. Genethlialogy 
Metode ramalan yang menyatakan bahwa manusia dipengaruhi oleh perbintangan di saat lahir. 

48. Geomancy 
Metode ramalan yang menggunakan bumi sebagai mediumnya yakni dengan menafsirkan bentuk tanah dan pengaruh arus bumi. Metode ini termasuk juga menafsirkan titik-titik bumi, pola-pola yang dihasilkan oleh segenggam tanah yang jatuh ke dataran, menafsirkan gundukan, bunyi dan gerakan retakan-retakan yang dihasilkan oleh lumpur yang mengering. 

49. Graphology
Metode ramalan yang menganalisa karakter manusia dari tulisan tangan. 

50. Gyromancy 
Metode ramalan dimana orang-orang berjalan berputar-putar di antara huruf-huruf dalam suatu ritual hingga pusing dan terjatuh di titik tertentu. Huruf-huruf yang tertimpa orang-orang tersebut kemudian akan ditafsirkan. 

51. Haruspication 
Metode ramalan dengan cara menafsirkan daging.jeroan binatang. Metode ini dipraktekkan oleh para pendeta di zaman Romawi kuno. 

52. Hieromancy
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan relik-relik perigorbanan kuno. 

53. Hippomancy
Metode ramalan yang menafsirkan derap kaki dan ringkikan suara kuda. 

54. Horoscopy 
Suatu bentuk ramalan dengan cara menentukan horoskop perbintangan. 

55. Hydromancy
Metode ramalan yang menggunakan air sebagai mediumnya. Metode ini termasuk meramal dengan mengamati warna, arus, bentuk riak-riak air yang disebabkan oleh kelereng-kelereng yang dilemparkan ke sebuah kolam. 

56. I Ching 
Dilafalkan "Yee Jing" adalah Kitab Perubahan Berbahasa China yang telah digunakan sebagai medium peramalan selama ribuan tahun dan mungkin merupakan buku tertua di dunia. Kitab ini telah diperluas dan dimurnikan selama berabad-abad. Namun menurut legenda, kitab ini ditemukan oleh seorang penguasa negeri China sekitar tahun 3000 sebelum masehi yang bernama Fu Hsi. Dialah yang menemukan 8 trigram I Ching. 

57. Ichthyomancy 
Merupakan suatu metode ramalan yang menggunakan ikan sebagai mediumnya. 

58. Lampadomancy
Metode ramalan yang menggunakan lampu atau obor sebagai mediumnya. 

59. Lecanomancy
Metode ramalan yang menggunakan sewadah air sebagai mediumnya. 

60. Ubanomancy
Metode ramalan yang menggunakan dupa dan asap pembakaran dupa sebagai mediumnya. 

61. Lithomancy 
Metode ramalan yang menggunakan batu-batu mulia dengan beraneka warna termasuk juga menafsirkan pola-pola yang terbentuk dialur bebatuan tersebut sebagai mediumnya. 

62. Lychnomancy 
Metode ramalan dengan cara mengamati dan menafsirkan lidah api yang timbul dari sebuah lampu minyak atau 

63. Margaritomancy 
Metode ramalan yang menafsirkan pantulan butir-butir mutiara yang dilemparkan. 

64. Metagnomy 
Metode ramalan yang menafsirkan "gahibaran" yang diperoleh pada saat trans. 

65. Meteoromancy 
Metode ramalan yang menggunakan pengamatan benda-benda meteor sebagai mediumnya. 

66. Metoposcopy
Ramalan yang menggunakan metode pembacaan karakter melalui garis-garis yang ada dikening manusia. 

67. Moleosophy 
Metode ramalan yang menafsirkan tahi lalat sebagai indikasi karakter dan masa depan manusia. 

68. Molybdomancy 
Metode ramalan yang mencari pertanda mistis dari bunyi desis tembaga yang tengah mencair. Ramalan ini termasuk menafsirkan bentuk dan pola yang dihasilkan dari tembaga cair yang dituangkan di atas air dingin atau di atas tanah. 

69. Myomancy 
Metode ramalan yang menafsirkan arti perlambang dari tingkah laku tikus. 

70. Necromancy 
Metode ramalan yang memanggil orang-orang yang sudah meninggal. 

71. Nephelomancy 
Metode ramalan dengan cara mengamati dan menafsirkan bentuk-bentuk awan. 

72. Numerology 
Metode ramalan yang menafsirkan arti-arti angka, tanggal dan jumiah huruf 

73. Oculomancy 
Metode ramalan yang menafsirkan bentuk mata manusia. 

74. Oinomancy
Metode ramalan yang menggunakan minuman anggur sebagai mediumnya. Ramalan ini termasuk juga dengan cara menafsirkan permukaan anggur yang hitam pekat di dalam piala. 

75. Ololygomancy
Metode ramalan yang menafsirkan lolongan anjing. 

76. Oneiromancy 
Metode ramalan yang mengartikan mimpi dan tanda-tanda firasat lainnya. 

77. Onomancy 
Metode ramalan yang menggunakan nama sebagai dasar peramalan, ada kemungkinan metode ramalan,ini terkait dengan Numerology. 

78. Onychomancy
Metode ramalan dengan cara memandangi kuku jari tangan yang telah dicat mengkilap. 

79. Ornithomancy
Metode ramalan yang menafsirkan gerak terbang dan tingkah laku burung. 

80. Omphalomancy
Metode ramalan yang meramal berapa banyak anak yang akan dimiliki oleh seorang ibu di masa depannya dengan cara menghitung jumlah ikatan yang ada di ari-ari si jabang bayi yang baru lahir. 

81. Ophiomancy 
Metode ramalan yang menggunakan ular sebagai mediumnya. 

82. Orinithomancy
Metode ramalan yang menafsirkan firasat yang dikaitkan dengan burung, terutama burung yang sedang terbang. 

83. Ovomancy
Metode ramalan yang menafsirkan putih telur. Juga dikenal sebagai Oomantia. 

84. Palmistry
Metode ramalan yang dikenal luas. Ramalan ini menggunakan bentuk garis tangan sebagai dasar peramalan. 

85. Pegomancy
Metode ramalan yang menafsirkan suara dan tampilan air yang mengalir dari mata air atau air mancur.

86. Primbon
Metode ramalan Jawa Kuno asal Indonesia yang menggunakan penanggalan jawa Pranata Mangsa.

Masih banyak lagi jenis ramalan di belahan dunia. Karena setiap peradaban dan budaya membawa metode sendiri dalam melihat garis masa depan.








ESP

Extra Sensory Perception (ESP) adalah kemampuan indera ke-6 (mata batin) yang dimiliki oleh manusia. Ia akan mampu melihat masa lalu dan meramal masa depan, mampu menembus alam gaib dan kemampuan paranormal lainnya.

AUSTROMANCY

Suatu bentuk ramalan dengan cara mengamati dan menafsirkan angin sebagai mediumnya.



Advertorial

Grup Telegram Dunia Gaib

belajar metafisika