Selasa Wage, 24 November 2020
8 Rabiul Tsani 1442 Hijriyah


Apa Itu Chakra ?


chakra tubuh

Dalam yoga, chakra merupakan susunan pusat energi spiritual tubuh manusia, yang berperan untuk menyerap energi alam  (sumber prana) dan mendistribusikan energi tersebut ke seluruh tubuh. Dalam penglihatan astral, bentuk chakra mirip dengan roda yang berputar. Chakra berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa. Chakra akan mengendalikan, memberi energi, dan bertanggung jawab atas berfungsinya seluruh organ tubun. Ranti F. dalam “Hatha Yoga" menjelaskan bahwa chakra berkaitan erat clengan ketujuh endokrin utama dalam tubuh yang memengaruhi kesehatan, kebugaran, dan keseimbangan psikologi melalui pengeluaran hormon.

Chakra memengaruhi fungsi kerja kelenjar endokrin yang bertugas menjaga agar tubuh, pikiran, dan jiwa tetap seimbang dan harmonis. Kelenjar endokrin adalah suatu kelenjar yang tidak mempunyai saluran. Sedangkan hormon adalah suatu zat yang diproduksi kelenjar endokrin yang langsung dimasukkan ke dalam saluran pembuluh darah. Dengan berlatih yoga secara teratur, kelenjar endokrin yang dihasilkan akan berkualitas baik.

Hormon adalah suatu zat yang cliproduksi oleh kelenjar endokrin yang langsung dimasukkan ke dalam saluran pembuluh darah. Kelenjar endokrin adalah suatu kelenjar yang tidak mempunyai saluran. Dengan berlatih yoga secara teratur maka kelenjar endokrin yang dihasilkan akan berkualitas baik. Kadar hormon yang dihasilkan oieh kelenjar endokrin berpengaruh terhadap keadaan fisik kita menjadi seperti ini, mengatur metabolisme, mempengaruhi suasana hati (emosi), pola tidur, tingkat energi, selera makan, reproduksi dan inteligensia. Ada tujuh chakra utama dalam tubuh manusia. Keenam chakra terletak dalam kanal shushumna nadi, yaitu di rongga tulang punggung (mulai clan ujung tulang ekor hingga tengah otak). Sedangkan, chakra ketujuh terletak di cerebral cortex atau ubun-ubun.

 

 










GAJAH

Hewan berbelalai panjang yang secara mistis diyakini spermanya memiliki daya magis untuk pengasihan atau menundukan orang lain.

PATI GENI

Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasa patigeni : "niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala".


belajar metafisika