Sabtu Kliwon, 5 Desember 2020
19 Rabiul Tsani 1442 Hijriyah


Tips Menata Toilet Berdasarkan Fengshui


fengshui dagang

Dalam tata ruang fengshui, kamar mandi atau toilet juga menempati posisi yang sangat penting. Meski kelihatannya remeh, hanya sebagai tempat pembuangan dan membersihkan badan, kesalahan menempatkannya bisa membuat kacau keseimbangan energi di dalam rumah. Bila ini terjadi, siap-siap saja bila penghuni rumah terkena imbas kekacauan tersebut. Menurut pakar fengshui Suhu Yusuf Bingo Tanuwijaya, kamar mandi atau toilet harus ditemptatkan di posisi tersembunyi di dalam rumah. 

Maksudnya, letak toilet tidak gampang terlihat dari ruang lain, misalnya dari teras atau ruang tamu. Karena itu, sebaiknya kamar mandi tidak berada lurus dengan pintu utama. Fungsi toilet sebagai tempat pembuangan akan menyedot dan membuang kembali aliran energi yang baru saja masuk lewat pintu utama. Akibatnya bisa diduga, berbagai keberuntungan yang sedianya menghampiri, penghuni rumah, akan terbuang kembali. Berapapun harta yang masuk, cepat melayang lagi. Kamar mandi yang berada tepat di atas pintu masuk pun sangat buruk efeknya. Posisi yang mungkin terjadi dalam rumah-rumah bertingkat atau apartemen ini bisa menyebabkan penghuni rumah sakit-sakitan.


  • Baca juga : Angka Hoki Menurut Fengshui

  • Kamar mandi atau toilet juga tidak baik berhadapan dengan kamar tidur, dapur, tangga, atau ruang makan. Toilet yang berhadapan dengan dapur atau ruang makan, selain tidak higienis, juga akan mengusir rejeki dan membuat keluarga tidak harmonis. Energi pembawa rejeki yang seharusnya ada di dapur bisa melayang lewat kamar mandi. Sebaliknya, energi buruk yang dibawa kotoran pun bisa balik kembali ke rumah.

    Untuk menangkal dampak-dampak buruk tersebut, sebaiknya pintu kamar mandi selalu dalam kondisi tertutup, agar energi baik di dalam rumah tidak ikut terbuang dan energi buruknya tidak masuk ke dalam rumah. Pintu toilet yang menghadap kamar tidur atau ruang keluarga juga tidak baik, karena bisa mempengaruhi keharmonisan rumah-tangga dan mengganggu persahabatan. Apalagi bila kamar mandi berada dalam kamar tidur. Usahakan untuk memindah atau merubahnya. Namun bila ini tidak mungkin dilakukan, bisa diminimalisir dengan cara selalu menutup pintu kamar mandi dan meletakkan sekat ruangan di depan pintu tersebut.

    Dampak buruk kamar mandi di kamar tidur semakin kuat jikalau posisi ranjang bersebelahan atau menempel dalam dinding yang sama dengan toilet. Bila ini terjadi, energi orang yang sedang tidur akan tersedot oleh kekuata toilet. Sebaiknya ranjang ditempatkan di dinding lain. Jika terpaksa dalam posisi itu, bisa digunakan kertas atau cat dinding warna merah untuk membakar energi buruk yang meresap. Namun cara ini sebenarnya tidak ideal karena warna merah kurang bagus untuk kamar tidur. Tapi lebih baik daripada harus terkena hawa buruk kamar mandi. Bila bersebelahan saja kurang baik, pasti dampaknya akan lebih buruk.

    Bila toilet berada persis di atas ranjang maka hindari posisi yang sering terjadi di rumah-rumah apartemen ini.Tidak hanya letak, penataan dan kondisi kamar mandi itu sendiri juga harus diperhatikan. Ukuran misalnya. Namun menurut Suhu Bingo, ukuran ini tidak terlalu penting, tidak terlalu berpengaruh dalam keseimbangan fengshui. Selama ini ada anggapan bahwa kamar mandi harus kecil seperti umumnya kamar mandi di negeri Tiongkok. Namun ini tidak mutlak diterapkan di Indonesia, karena Indonesia merupakan negeri 2 musim. Dengan alasan yang sama, bermacam gambar dan hiasan pun tidak menjadi masalah bila ditaruh di kamar mandi.

    Penting harus diperhatikan justru letak klosetnya. Tempat buang kotoran ini tidak boleh berhadapan atau berada lurus dengan pintu kamar mandi. Posisi ini, menurut Suhu Bingo, bisa mengundang malapetaka bagi keluarga; terpeleset, tiba-tiba jatuh, hingga menguapnya keberuntungan. Bila terlanjur dalam posisi seperti itu, dan tak mungkin merubahnya, cermin yang diletakkan diatas kloset adalah solusinya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah lantainya. Sebaiknya tidak lebih rendah dari pintu kamar mandi. Selain itu, sebuah kamar mandi juga harus selalu dalam kondisi bersih. lni untuk menyeimbangkan energi yang ada di dalamnya, karena kamar mandi atau toilet adalah tempat pembuangan. 

    Juga harus selalu dijaga agar terlihat terang. Kamar mandi yang gelap bisa mengundang roh-roh jahat. Untuk itu ventilasi atau lampu mutlak diperlukan. Ventilasi juga berfungsi untuk memutar energi. Energi-energi buruk bisa dibuang lewat sini, sebaliknya energi bagus seperti sinar matahari bisa masuk. Sinar matahari dan lampu, juga dibutuhkan untuk menghangatkan ruangan.










    CUPU ENERGI KURSANI

    Cupu atau wadah energi adalah kekuatan tersembunyi di dalam tubuh manusia dengan bentuk seperti bulatan telur. Apabila cupu ini dibuka, maka manusia tersebut akan memiliki kekuatan supranatural yang berfaedah untuk pagar gaib, kesehatan, radar gaib/terawangan dll.

    ONOMANCY

    Metode ramalan yang menggunakan nama sebagai dasar peramalan.


    belajar metafisika