Selasa Pon, 19 Oktober 2021
12 Rabiul Awwal 1443 Hijriyah


Menguak Sisi Mistis Pohon Bambu


bambu kuning buntet pethuk

Tanaman bambu memiliki peran dan fungsi penting dalam kehidupan manusia. Selain untuk kebutuhan rumah, perabotan, juga diyakini dapat menangkal penyakit akibat gangguan mistik atau gaib. Harus diakui, pohon bambu dapat dimanfaatkan secara keseluruhan. ltulah sebabnya pohon bambu dianggap sebagai tanaman serba guna. Dalam istilah ilmu botani, bambu termasuk dalam keluarga poaceae. Diyakini, tanaman bambu sudah ada di muka Bumi jauh sebelum musnahnya dinosaurus. Yang menarik adalah di negeri ini bambu juga dianggap memiliki kekuatan tertentu secara supranatural. Beberapa jenis bambu diyakini memiliki kekuatan mistik tertentu. Beberapa mitos supranatural terkait dengan jenis bambu yang dianggap memiliki kekuatan mistik adalah:

1. Bambu Kuning

Dalam masyarakat Jawa, bambu jenis ini sering disebut pula sebagai pring gadhing alias bambu gading. Disebut bambu kuning atau bambu gading karena batangnya berwarna kuning. Daunnya berwarna hijau kekuning-kuningan. Diyakini bambu kuning memiliki kekuatan positif untuk mengusir kekuatan jahat. Rumah yang halamannya ditanami pohon bambu kuning konon akan aman terhadap serangan guna-guna atau sebangsanya. Kalangan supranatural berpendapat, tidak sedikit ilmu kebal yang hanya bisa dilemahkan lewat penggunaan bambu kuning.


  • Baca juga : Kumpulan Nama Jepang Untuk Bayi Perempuan dan Artinya

  • Sementara itu, di jaman kemerdekaan dulu, para pejuang RI banyak yang menggunakan bambu kuning ini sebagai bambu runcing untuk berperang dengan tentara Belanda. Kabarnya, tentara Belanda sangat takut dengan bambu runcing dari bambu kuning lantaran tatkala melukai tubuh akan sangat perih dan mengakibatkan pendarahan yang sulit dihentikan.

    2. Bambu Buntet

    Disebut bambu buntet karena bambu ini tidak memiliki lubang di dalamnya. Seperti juga bambu kuning, bambu buntet dapat dijadikan penangkal dari kekuatan-kekuatan negatif seperti sihir atau guna-guna. Bambu ini juga diyakini dapat mengusir jin-jin jahat yang suka usil mengganggu manusia. Satu hal lain, bambu buntet ini jika digunakan untuk memukul orang, maka akibatnya akan sangat fatal. Apa yang sebenarnya menyebabkan bambu buntet ini bertuah?

    Salah satu mitos supranatural menyebutkan, di dalam bambu buntet biasanya tersimpan kandungan benda-benda pusaka. Sejumlah praktisi supranatural kerap menemukan adanya semacam kristal kecil yang ngendon di dalam bambu buntet. Sayangnya, keberadaan bambu buntet ini sangat langka dan biasanya bernilai tinggi.

    3. Bambu Pethuk

    Bambu ini memiliki pertemuan buku-buku (ruas) pada batangnya. Menurut sebagian praktisi supranatural, jika terdapat bambu pethuk, maka dapat disimpulkan di tempat tumbuhnya bambu itu didiami banyak makhluk halus. Dalam khazanah ilmu magis-supranatural Jawa, bambu pethuk dikenal sebagai bambu yang memiliki tuah sangat tinggi, Bambu ini diyakini dapat menjadi tameng bagi serangan kekuatan jahat dan dapat dijadikan sebagai penglaris untuk mereka yang berdagang.

    Salah satu keunikan bambu pethuk adalan jika dimasukan ke dalam air yang mengaiir, maka bambu ini tidak akan terbawa arus air. Ia justru bergerak melawan arus. Dengan demikian, untuk mengetes asli atau tidaknya bambu pethuk, cukup masukkan ke dalam air yang mengalir. Jika bambu itu malah hanyut terbawa arus air, bisa dipastikan bahwa itu bambu pethuk gadungan alias palsu.

    4. Bambu Gantung

    Bambu gantung adalah bambu yang memiliki tunas baru yang menghadap ke bawah. Daun dan cabang yang tumbuh pada bambu ini juga sama menghadap ke bawah. Bambu gantung dapat dimanfaatkan untuk mengatur posisi bayi yang sedang dalam kandungan sehingga bayi tersebut ada dalam posisi yang benar dan proses kelahiran nantinya akan Iancar. Cara menggunakannya yaitu dengan merendam ujung bambu ini pada segelas air kemudian minumkan air rendaman bambu ini kepada ibu yang sedang hamil.

    5. Bambu Patil Lele

    Bambu ini bukan bambu yang tumbuh dari patil lele tentunya. Sebutan bambu patil lele dialamatkan kepada bambu yang memunyai cabang kembar yang terdapat pada satu ruas, yang bila dilihat selintas dari arah atas; akan tampak seperti ikan lele yang memiliki patil. Bambu patil lele dapat dijumpai pada hampir semua jenis bambu.

    Bambu ini memiliki tuah untuk mengusir kekuatan jahat sesat. Untuk memagari rumah dari kekuatan jahat sesat dari orang-orang yang tidak bertangung-jawab, bambu patil lele dapat dipendam secara permanen di bawah pintu utama rumah. Sementara itu, masih terkait dengan bambu, walau sangat jarang ditemukan, bunga bambu dan benalu bambu juga diyakini memiliki kekuatan supranatural tersendiri.

    Selain bisa menangkal kekuatan negatif, bunga bambu dapat menghilangkan kekuatan fisik dan gaib yang dimiliki seseorang jika bunga tersebut dipukulkan kepadanya. Selain itu, bunga bambu diyakini dapat digunakan untuk penawar racun dan bisa ular. Akan halnya benalu bambu, benda ini di samping dapat menjadi obat berbagai penyakit kulit juga dapat dipakai untuk menolak jin jahat dan guna-guna dari orang yang bermaksud jahat.

    Demikian sekilas seputar mitos supranatural terkait dengan tanaman bambu. Tentu saja, percaya atau tidak semuanya diserahkan pada anda karena hal mistis tentu tidak bisa dibuktikan secara ilmiah dan semua pengetahuan ini biasanya turun temurun sehingga menjadi mitos dan untuk membuktikannya tidak ada cara lain selain dengan menggunakan kemampuan supranatural sehingga dapat diterawang kekuatan mistis yang ada di bambu tersebut.








    CYCLOMANCY

    Metode ramalan yang dilakukan dengan cara mengamati dan menafsirkan perputaran roda.

    JIN

    secara harfiah adalah sesuatu yang berkonotasi "tersembunyi" atau "tidak terlihat". Dalam Islam dan mitologi Arab pra-Islam, jin adalah salah satu ras mahluk yang tidak terlihat dan diciptakan dari api.




    Advertorial

    Grup Telegram Dunia Gaib

    belajar metafisika