Sabtu Wage, 12 Juni 2021
2 DzulQa'dah 1442 Hijriyah


Mengenal Hatha Yoga, Jenis Yoga yang Cocok untuk Pemula


mengenal hatha yoga

Dalam perkembangannya, ada banyak cabang dari ke empat aliran utama yoga tersebut, salah satunya adalah Hatha Yoga. Hatha berasal dari bahasa Sanksekerta, "ha" berarti matahari dan "tha" yang berarti bulan. Matahari dan bulan merupakan dua sumber kekuatan alam yang berbeda. lnilah yang menjadi filosofi hatha yoga, yakni menggunakan dua kekuatan matahari dan bulan. "Ha" mempunyai arti prana yang mengatur kekuatan fisik tubuh, sedangkan "tha" berarti kekuatan mental. Jadi, hatha yoga adalah aliran yoga yang membangkitkan dua energi dalam hidup. Sebagaimana dituliskan oleh Ranti F. dalam “Hatha Yoga”, Hatha yoga bertujuan untuk “meningkatkan kesehatan dan kekuatan tubuh dengan cara memanfaatkan sumber cadangan energi tubuh (chakra) dan sumber prana”.


  • Baca juga : Tehnik Mengatasi Pikiran Negatif

  • Hatha yoga adalah latihan yang menggunakan berbagai teknik membentuk sikap tubuh (asana) disertai dengan teknik pernapasan (pranayama), guna mencapal suatu keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda di dalam tubuh. Berlatih Hatha Yoga secara rutin dan benar akan memberikan dorongan keseimbangan hormonal untuk perbaikan mental, spiritual, dan kesehatan fisik secara optimal. Hatha Yoga bagus dipraktikkan bagi orang yang baru belajar yoga dan cocok untuk para praktisi di berbagai tingkatan. Hatha Yoga yang dilakukan dengan teknik asana (posturtubuh), pranayama (teknik pernapasan), dan meditasi. Ketiga poin ini dilakukan untuk membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh sehat penuh vitalitas.








    PUASA NGANYEP

    Puasa ini adalah puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir sama dengan Mutih , perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.

    BEKAM / HIJAMAH

    adalah teknik pengobatan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab : Hijama yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah Bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk